Tuesday, March 3, 2009

Seri Bingung Jadi Pengusaha : Gak Punya Modal

Kalo saya ngobrol dengan orang, yang sehari-harinya tidak puas dengan pekerjaannya, biasanya selalu bilang "Lo sich enak udah punya usaha. Gwa mau tuch kaya lo, tapi..."

Tahu kah Anda betapa besarnya kekuatan tapi itu. Tapi itu lah yang telah menghacurkan bangsa ini. Salah satu tapi yang sering diucapkan orang yang ingin memulai usaha adalah TAPI GAK PUNYA MODAL. Entah kenapa ia berpikiran gak punya modal, padahal tiap hari saya lihat modal (uang) berseliweran bingung gak ada yang minta. Gak percaya.

Ada satu cara sederhana untuk membuktikannya. Kalo Anda karyawan, dan atasan Anda pun karyawan. Coba tanya atasan Anda. Pak mau buka usaha gak? Pasti jawabannya mau. Jangan tanya punya modal. Tanya punya uang berapa. Pasti punya. Tinggal berapa nominalnya aja. Selesei kan masalah modal Anda. Kalo ga berani ke atasan, coba teman anda yang kira-kira pengeluarannya lebih kecil dari Anda. Atau saudara. Atau orang tua/mertua. 

Tapi pasti ada yang nanya lagi, KALO SEGINI MAU USAHA APA? KURANG DONK.
Usaha apa juga belum tahu udah bilang kurang. Terima aja, cari usaha yang bisa dengan modal segitu. Gitu aja kok repot.

Pernahkah Anda mulai usaha dengan modal nol, atau bahkan minus? Percayalah banyak orang yang pernah dan ia pun survive. Bahkan menjadi lebih besar dari yang Anda kira. Tahukah Anda pengusaha dari Bandung yang dijuluki Raja FO, memulai usahanya dengan modal tidak sampai berjuta-juta. Karena usaha pertamanya hanya berbekal kaos-kaos khas Bandung dan dijual di Puncak Pas.

Saya sendiri sudah membuktikan usaha dengan modal kurang dari 300ribu, tapi bisa survive dan tinggal menengguk untungnya saja sekarang. 

So, gak ada lagi alesan TAPI GAK PUNYA MODAL
Jadi masih bingung jadi pengusaha? 

No comments:

Post a Comment