Wednesday, April 22, 2009

Belajar Wirausaha : Memilih Peluang

Tuhan Maha Pengasih & Maha Penyayang. Kadang mencari bisnis yang tepat begitu sulit, mencari inspirasi begitu sulit. Banyak orang yang merasa begitu bingung dan susah memulai suatu usaha. Bingung mau usaha apa. Tapi kadang justru semua begitu mudah, saking mudah nyasampai bingung. Kadang Tuhan memberi begitu banyak, begitu melimpah, begitu besar. Tadinya tidak punya pilihan, sekarang banyak sekali pilihan.

Beberapa minggu yang lalu, saya merasa usaha hanya gini-gini aja. Tiba-tiba beberapa hari yang lalu, begitu banyak peluang yang tinggal dipilih dan dijalani. Saya pilih yang mana, kok sekarang malah bingung.

Ada tips dari salah satu founder TDA, Pa Hasan Basri, coba petakan (buat matriks) untuk menentukan usaha mana yang cocok.

Buat tabel. Paling kiri adalah jenis bisnisnya. Berikutnya beri nilai dengan skala 1-5 untuk nilai peluangnya. Berikutnya beri nilai untuk resiko dari bisnisnya. Berikutnya beri nilai untuk kemungkinan untuk dilaksanakan saat ini. Jumlahkan nilai-nilai tadi. Yang nilainya paling besar, itulah pilihan yang Insya Allah menurut Anda paling tepat untuk dijalankan.

Dan yang paling penting jalankan segera
karena

No Action Nothing Happen
Take Action Miracle Happen


No comments:

Post a Comment