Friday, January 15, 2010

Kerupuk Setan : Transformasi 1

Pernah nonton Transformer gak? Kalo mau berubah, Optimus Prime biasanya bilang gini

"Autobots, transform"

Transform menurut translate.google.com adalah mengubah.

Saat-saat ini, adalah saat Kerupuk Setan melakukan transformasi. Berubah dari one man show jadi one team show. Kemaren saya baru saja posting mengenai lowongan untuk sales di Kerupuk Setan. Berubah dari self employee menjadi bussiness owner. Saat ini posisi saya di Kerupuk Setan bisa dibilang self employee, karena kaya dokter, kalo saya gak kerja, yang gak dapet uang.

Katanya sich belum jadi bussiness owner kalo yang ngejalanin usahanya kita sendiri, kalo tanpa kehadiran kita usaha tidak bisa berjalan. Untuk itulah saya membuka lowongan. Dengan tambahan bantuan 1-2 orang paling gak sudah bukan one man show, tapi one team show.

Perubahan itu bukanlah hal mudah. Tapi menyenangkan. Coba anda rasakan, saat dari balita ke SD, ke remaja, ke dewasa. Dari pacaran jadi menikah, punya anak, tumbuh besar. Banyak hal-hal yang tidak mudah dilalui. Tapi tetap kita lalui. Dan menjadi cerita menarik setelahnya.

Biasa mengerjakan berbagi hal sendiri, dengan standar sendiri, susah / senang adalah hasil sendiri. Dinikmatin sendiri. Next, yang ngerjain orang lain. Bisa gak mereka? Sama gak visinya? Hasilnya? Masalah apa yang timbul? Welllll itu nikmatnya...

Keraguan muncul, tapi masa depan menunggu untuk diraih. Pilihan sudah ditetapkan. Selamat datang calon tim Kerupuk Setan. Semoga harapan & kebutuhan Anda terpenuhi disini.


Thursday, January 14, 2010

Kerupuk Setan : 80/20 Konsumenku

Marketing dari Kerupuk Setan saat ini belum banyak bergerak sehingga belum banyak menghasilkan konsumen. Maklum, sales dan operator produksinya masih sama, saya sendiri. Walaupun penjualan baru sekitar 1jt/bulan, tapi untuk delivery dan packaging udah cukup menyita waktu. Soalnya hidup di dua dunia, alias amphibi. Jadi kerjanya malem sama sabtu minggu :)

Hingga saat ini konsumen tetap Kerupuk Setan ada 1 rumah makan, 1 minimarket, 3 kios di mall, 1 distributor mall (megang 1-2 mall). Ternyata dari semua konsumen itu yang punya pengaruh signifikan terhadap penjualan adalah 2 konsumen. Kira-kira omzet 1 juta itu 80% dihasilkan oleh 2 konsumen itu.

Pernah denger Prinsip Pareto 80/20. Bahwa 80% itu diakibatkan oleh 20% penyebab. 80% penjualan Kerupuk Setan dihasilkan oleh 20% konsumen. Disinilah kami berusaha lebih jeli untuk mengelola 20% konsumen ini. Karena bagaimanapun 80% penjualan dihasilkan oleh 20% konsumen itu.

Bagaimana dengan Anda? Apakah 80% hidup anda dipengaruhi oleh 20% orang disekitar Anda?

Lowongan Pegawai : Sales

Mang Yana Food membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Sales dan operator

Syarat-syarat :
1. Pria
2. Usia : 17-22 thn
3. Jujur, kerja keras, mau belajar
4. Memiliki motor sendiri + SIM C / sepeda

Penghasilan hingga 1,5jt

Hubungi 0816-616801 / 021-91543672 untuk interview

Wednesday, January 13, 2010

Kerupuk Setan : My First Customer

Konsumen pertama Kerupuk Setan pastinya adalah mereka yang membeli di PRJ 2009 lalu. Walaupun tanpa ada brand Kerupuk Setan.

Setelah itu perjalanan di mulai dengan outlet setia di kantor. Outlet temen sich. Saya titip jual aja, alias konsinyasi. Awal-awal jual luar biasa. Bisa 100 pcs sehari. Wow kalo sebulan bisa 3000 pcs di kantor doank.

Tapi sayang tidak. Saya sudah memprediksi, kalo seperti mustahil bisa berjalan lama. Pasti gak lama turun. Mungkin paling lama sebulan. Karena konsumennya hanya kurang lebih 50-60 orang yang sama. Namanya juga di kantor. Ternyata benar, 100 pcs/hari hanya tahan selama 3 hari. Setelah itu menurun terus hingga stabil di 100 pcs/minggu di minggu ketiga. Alhamdulillah.

He he he ... tapi ternyata penurunan masih terus terjadi.. hanya tertunda... Hari ini stabilnya di 50 pcs/minggu. Mudah-mudahan gak turun lagi.

Kerupuk Setan : Sejarah

Sudah kira-kira 4 bulan ini, fokus produk mengerucut kepada Kerupuk Setan. Sebenarnya ini bukan produk baru. Sudah setahunan saya kenal dengan kerupuk ini. Saya jual tanpa nama. Hanya stiker Mang Yana Food.

Pilihan fokus dengan Kerupuk Setan ini diawali oleh event di PRJ (Pekan Raya Jakarta) Juni 2008 lalu.

Sedikit kilas balik.
Saat itu, Mang Yana Food, menjual produk makanan ringan/snack dari beberapa kota di Indonesia. Lampung, Pekalongan, Ciamis dan Makassar. Range harga produk tersebut sekitar 8.000-12.000. Untuk menarik massa, maka dilakukan diversifikasi dengan produk lain dengan harga fix 2.000 (harga special PRJ, normalnya 3.000). Harapannya dengan ada tulisan harga 2.000, bisa menarik leads. Baru kemudian ditawarkan produk lain yang harganya 8.000-12.000.

Rupanya strategi ini berhasil menarik leads, tapi tidak seperti yang diharapkan. Sulit untuk mengubah pilihan konsumen, karena mereka mampir ke stand untuk produk yang harganya 3.000.

Buah dari proses tadi, ternyata salah satu produk yang harganya 3.000 ada yang super laku. Sampai kami kehabisan stock di gudang. Tim produksi pun harus kerja keras untuk memenuhi kekosongan tersebut.

Evaluasi dari PRJ, kami memutuskan untuk memilih produk, apakah yang 8.000-12.000 atau yang 3.000an. Akhirnya pilihan kami jatuhkan pada produk yang harganya 3.000an. Walaupun di Jakarta ternyata sudah banyak pemain produk seperti ini. Tapi kelihatannya masih ada peluang. Dan kalo rejeki Insya Allah gak akan kemana-mana.

Dari situ kami pilih dulu satu produk unggulan untuk di branding. Pilihan jatuh ke kerupuk putih yang super duper laku. Karena super pedes, konsumen menjulukinya kerupuk setan. Ada yang bilang 'Setan pedes banget'.

Jadi tagline nya : Awas setan aja kepedesan :)

NgeBlog lagi

Udah setahun ternyata saya gak ngblog. Terakhir posting taun kemaren. he he he... Alias bulan kemaren.

Tadi pagi blogwalking... rupanya para blogger bener-bener semangat mengawali tahun 2010 ini. Bahkan mereka yang sudah agak lam gak posting pun kini mulai kambek.

Kayanya harus sering-sering blogwalking ke blog yang penuh semangat kaya tadi. 2 bulan ini lagi fokus sama ngasong offline. Biasa, ada penyakit hati. Jadi maju ngga, mundur ngga. Tapi Insya Allah akan semakin maju.

Offline OK, online pan cen oye

drivemyselftothetop