Tuesday, June 30, 2009

Fw: Sharing : PRJ Hall D3 (Mohon masukkannya)

Ini adalah curhat saya ke KMM Oase Timur Komunitas TDA dan beberapa rekan TDA lainnya.
_______________________________________________________________________________________________

Teman-teman Oase Timur, gimana kabarnya?
Kemaren jadi kumpul kah?
Saya mau sharing sekalian minta masukkannya.
Saya lagi konflik nich, di internal, pribadi. Bingung terus berjuang di PRJ, atau stop, dan balik lagi berjuang di luar PRJ.

Setelah berjuang 20 harian, sepertinya sales di PRJ sudah melewati optimum. Sekarang justru kondisinya mulai menurun. Rata-rata omzet sehari kurang dari 100ribu. Sebenarnya masih ada beberapa ide yang belum sempat saya jalankan. Oya, rekomendari Pa Annas beberapa sudah saya jalankan.

Kurang lebih kendala dari stand Hall D3 PRJ :
1. Lokasi. Terlalu dekat pintu masuk arena PRJ, bukan pintu hall. Posisi sebelah kiri. Konsumen cenderung mau liat-liat, apalagi ketika baru masuk, males langsung belanja. Umumnya, konsumen ketika masuk langsung belok kanan. Jadi stand TDA kurang dilihat. Tetangga stand di depan, adalah cream bengkoang Dempo, yang salesnya super agresif. Tangan konsumen bisa langsung dipegang dan ditarik ke dalam stand. Membuat konsumen takut lama-lama di daerah situ.

2. Peserta. 27x3 m diisi oleh 12 peserta, dengan rata-rata spg 2 orang. Hanya saya sendiri yang gak pake spg. Beberapa spg nya 1 orang. Ketika semua spg berdiri di depan stand, otomatis isi stand langsung ketutup. Kalo pun melakukan penawaran secara lisan, jadinya sahut-sahutan. Buat pusing konsumen. Pernah kita mencoba strategi yang membuat konsumen mau melihat dan dateng, tapi kesulitan muncul karena terlalu banyak kepala yang harus diatur, dan tidak ada pemimpin, karena masing-masing punya bos sendiri-sendiri. Akhirnya saya stop. Karena membuat situasi di stand TDA jadi tidak kondusif.

Beberapa rekan TDA saya tanya, mereka sudah tidak mengejar retail, tapi lebih ke brosur, harapannya penjualan setelah ini.

Saya mempertimbangkan untuk itu. Tapi kalo pun saya brosur, pengunjung saya arahkan ke mana. Toko offline tidak ada. Toko online, kondisinya masih jauh dari minimal, belum bisa membuat transaksi. Kalo saya mau fokus diluar PRJ, saya harus setup online dulu. Sehingga orang mau beli. Tapi PRJ harus saya tinggalkan 100%, karena saya masih kerja sendiri. Tapi kalo saya tetep di PRJ, diluar PRJ harus saya tinggalkan.

Cari pegawai? Mungkin itu solusi. Tapi saya harus setup produk lebih jelas. Saat ini memang kondisinya banyak hal internal yang harus saya benahi. Terutama soal standar produk dan adminitrasi. Di awal minggu ketika loading naik, saya adminitrasi saya berantakan.
Diskusi sama istri sich, kemungkinan saya akan tahan sampai seminggu ini, terus tutup.
Konsep bisnis yang saya usung adalah ada di level distributor. Jadi targetnya bukan retail. Harga yang saya setup grosir. Dengan minimum belanja 200ribu. Retail itu bonus.
Produk di segmentasi jadi 2.
1. low end dengan harga retail 3ribuan.
2. hi end dengan harga berkisar 8ribu-12ribu. Produk hi end ini keunggulannya adalah produk daerah. Bukan produk Jakarta.

Mohon pendapat rekan-rekan ya....
Mang Yana

No comments:

Post a Comment