Tuesday, November 24, 2009

Menentukan Lokasi Usaha

Tulisan ini saya buat setelah mengikuti workshop Bisnis Retail bersama Christian W. Guswai.

Secara prioritas dalam menentukan lokasi yang perlu dipertimbangkan adalah :
1. Visible. Mudah dilihat. Kalo ga kelihatan repot. Siapa yang mau dateng. Sebar brosur, nyarinya susah banget.
2. Heavy traffic, bukan fast traffic. Ramai, padat, dan mereka gak ngebut. Makin pelan makin bagus. Coba lihat, daerah macet banyak yang jualan kan?
3. Arus pulang. Maksudnya, posisinya ada di jalur, arah orang pulang. Bukan arah orang pergi kerja.
4. Public transportation. Contohnya, terminal, fasilitas umumnya banyak. Massa biasanya banyak berkumpul di daerah yang ada banyak fasilitas umum. Atau fasilitas umum banyak dibangun di daerah yang banyak massa nya.
5. Acquisition cost. Biaya untuk mendapatkan lokasi tersebut. Ini prioritas ke 5 lho, bukan pertama.
6. Regulasi. Di lokasi tersebut, produk / jasa kita diijinkan di daerah tersebut.
7. Access. Jangan sampai gak ada jalan untuk masuk ke lokasi tersebut.

Cara memakainya sederhana. Buat tabel. Kasih point skala 1-7. Masukan point ke calon lokasi yang Anda bingung memilihnya. Lalu buat urutannya. Pilihlah yang effort agar usaha anda sukses paling ringan. Kecuali anda suka tantangan.

No comments:

Post a Comment