Thursday, October 9, 2008

Jadi Pengusaha Itu Gak Enak

Pernah denger gak kalo jadi pengusaha itu mudah. Jadi pengusaha itu enak. Atau mungkin ada yang bilang, ngapain jadi karyawan, enakan juga jadi pengusaha. Pernah gak? Saya rasa beberapa tahun belakangan ini kata-kata wirausaha, wiraswasta, pengusaha, usaha sendiri atau bisnis semakin tidak asing di telinga kita. Buaian betapa mudah dan nikmatnya menjadi pengusaha pun terdengar kencang. Hingga akhirnya banyak orang berbondong-bondong ingin jadi pengusaha. Salahkah? Tentu saja tidak. Menjadi pengusaha jelas ada perbuatan mulia. Karena pengusaha itu pasti memberi kehidupan bagi orang-orang disekitarnya. Entah itu karyawannya atau pun hanya kuli angkut sekalipun.

Tapi kalo sebaliknya pernah denger gak, kalo jadi pengusaha itu susah dan gak enak. Istirahat gak jelas, uang gak jelas, penghasilan gak jelas. Kemaren banyak harta, besok banyak hutang. Kemaren banyak temen, sekarang gak punya temen. Gak ada waktu buat istri, anak apalagi diri sendiri. Tiap malem mikirin bagaimana caranya cari konsumen atau menuhin permintaan klien. Susah kan?

Jadi yang bener yang mana?

Semuanya bener. Jadi pengusaha akan susah bila kita mengikapinya seperti orang susah. Gak ada konsumen sterss, dapet konsumen stress menuhin permintaannya, permintaan dipenuhin stress untungnya Cuma dikit. Biasa tidur 8 jam terus jadi 4 jam ngeluh. Biasa makan di fast food di mall, ngeluh jadi makan di warteg. Biasa tiap minggu ajak anak istri belanja ke mall, ngeluh mau jalan-jalan aja gak bisa.
Tapi sebaliknya, kalo disikapi dengan mudah semua jadi mudah. Gak dapet klien, bersyukur hari ini masih bisa usaha. Untung dikit bersyukur hari ini masih bisa makan. Bersyukur masih bisa makan di warteg, masih bisa tidur walau Cuma 4 jam, masih bisa lihat anak istri walau gak bisa jalan-jalan. Nikmat kan jadinya?



No comments:

Post a Comment