Wednesday, June 10, 2009

Mang Yana Food Goes To Pekan Raya Jakarta 2009

Pekan Raya Jakarta atau biasa juga disebut Jakarta Fair. Sebuah event tahunan yang sekarang bukan lagi milik warga Jakarta, tapi Indonesia, bahkan warga negara ASEAN pun sudah ada yang akrab dengan PRJ ini. PRJ bukan lagi pesta rakyat semata, tapi juga ajang bisnis yang luar biasa. Dengan target pengunjung 4juta orang, tentunya siapa yang tidak tertarik. Untuk tiket masuk saja yang dulu dikenakan 15ribu, bila dikali 4 juta, maka pemasukan untuk tiket saja mencapai 60 M. Pastinya transaksi yang terjadi lebih dahsyat lagi.

Untuk pertama kali Mang Yana Food dengan produk utama, makanan cemilan khas daerah, ikut di event besar ini sebagai penjual. Bergabung dengan teman-teman Komunitas Tangan Di Atas. Semua ini tentunya berkat kerja keras dari rekan-rekan TDA Networking yang tidak pernah lelah membuka peluang baru bagi TDA.

Lokasi stand yang diusung TDA ada 2, di Hall E akan bergabung rekan-rekan TDA dari garment dan footware. Sedangkan di Hall D3, akan bergabung dari berbagai macam produk. Hall D3 ini adalah hall multiproduk. Insya Allah sampai tulisan ini dibuat, ada 12 orang yang akan berjualan di Hall D3. Tadinya 13 orang, tapi 1 orang berubah pikiran, karena ada kesempatan yang lebih luas.

Berbagai tantangan menguji Mang Yana Food di perjalanan menuju PRJ ini. Dimulai dari keraguan untuk maju. Mundur mitra sharing. Kekurangan modal. Hingga menjadi berkah Ilahi yang luar biasa. Dari pinjaman dari sumber yang tidak pernah diduga (Sungguh ini adalah kehendak Allah untuk menolong hambanya, lewat tangan ibu yang tidak mau disebutkan namanya), suplay bahan baku yang ga pake uang. Dan tentunya dukungan keluarga dan istri tercinta. Bunda, maafin ayah, bunda harus meninggalkan theSEMUT sejenak. Anak2 ku, maafin ayah, bulan ini kita akan jarang main bersama. Mungkin kalian ketemu ayah cuma pagi saja.

Sejak bergabung dari TDA, saya sudah terbiasa mempunyai target. Tujuan nya bukan untuk mengurung diri, tapi supaya perjalanannya lebih jelas. Secara rupiah target kali ini adalah omzet 30 juta. Walaupun rasanya 100 juta bukanlah hal yang mustahil, tapi dengan kondisi kapasitas produksi dan modal saat ini, belum mungkin untuk mencapai angka ini. Kecuali ada 'tangan Tuhan' yang merubah segalanya. Sungguh hamba ikhlaskan kepada Mu Ya Rabb.

Impian terbesar dari event ini adalah branding. Ini akan menjadi tipping point perubahan besar untuk Mang Yana Food. Bukan hanya pembeli saat PRJ. Tapi mereka akan mencari Mang Yana Food setelah PRJ. Apalagi menjelang lebaran nanti Mang Yana Food akan berkolaborasi dengan theSEMUT dan Ina Cookies. Mudah-mudahan Allah mengabulkan rencana kami.

Tantangan terbesar adalah man power. Mang Yana Food saat ini hanya terdiri dari dua pemuda yang masih bekerja. Mudah-mudahan Allah mengijinkan kami tetap sehat dan terus berjualan di PRJ selama sebulan penuh. Jikalau Allah berkehendak omzet kami meledak, maka kami akan action memakai SPG. Sementara biarlah kami berdua berjualan bergantian sepulang kerja. Di produksi, kami mengandalkan Bunda theSEMUT tercinta, untuk terus mensupport kebutuhan PRJ. Mudah-mudahan Allah membalas epos Bunda ribuan kali lipat. Ayah hanya bisa membalas dengan cinta sayank.

Terkahir, rencana sudah dibuat. Action sedang dilaksanakan. Ikhlas dan pasrah lah yang ku miliki. Hasil dari rencana dan usaha kami adalah milikmu ya Allah. Kami ikhlas dengan takdir Mu. Berikanlah kami yang terbaik menurut Mu Ya Allah.

Mang Yana
0816616801 / 91543672

Kalo mau ke Hall D3 lebih deket masuk dari Gambir Expo atau Pintu 2. Telepon aja kalo mau kesana nyasar ya... Ditunggu kunjungannya. Mohon doanya

1 comment: